BEDA MASJID DAN MUSHOLLA ?
Banyak ibadah yang bergantung pada masjid seperti I’tikaf, sholat sunnah tahiyyat masjid, banyak juga hal hal yang dilarang karena masjid seperti mencari barang hilang dimasjid, lewat dalam masjid atau duduk duduk didalam masjid bagi orang yang haidl, atau dilarang masuk masjid karena bau muludnya :
فتح الباري لابن حجر - (ج 3 / ص 260)
- حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ قَالَ حَدَّثَنَا يَحْيَى عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ قَالَ حَدَّثَنِي نَافِعٌ عَنْ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا
أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ فِي غَزْوَةِ خَيْبَرَ مَنْ أَكَلَ مِنْ هَذِهِ الشَّجَرَةِ يَعْنِي الثُّومَ فَلَا يَقْرَبَنَّ مَسْجِدَنَا
Juga ada yang mendapat fasilitas disurga karena membangun masjid sebagaimana sabda rosul :
عمدة القاري شرح صحيح البخاري - (ج 5 / ص 254)
( حدثنا يحيى بن سليمان حدثني ابن وهب أخبرني عمرو أن بكيرا حدثه أن عاصم بن عمر بن قتادة حدثه أنه سمع عبيد الله الخولاني أنه سمع عثمان بن عفان رضي الله عنه يقول عند قول الناس فيه حين بنى مسجد الرسول إنكم أكثرتم وإني سمعت النبي يقول من بنى مسجدا قال بكير حسبت أنه قال يبتغي به وجه الله بنى الله له مثله في الجنة )
Ada juga orang yang besok dihari kiyamat mendapat pengamanan dari Alloh karena hatinya senantiasa bergantung pada masjid :
فتح الباري لابن حجر - (ج 2 / ص 485)
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ بُنْدَارٌ قَالَ حَدَّثَنَا يَحْيَى عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ قَالَ حَدَّثَنِي خُبَيْبُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ حَفْصِ بْنِ عَاصِمٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ
عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ سَبْعَةٌ يُظِلُّهُمْ اللَّهُ فِي ظِلِّهِ يَوْمَ لَا ظِلَّ إِلَّا ظِلُّهُ الْإِمَامُ الْعَادِلُ وَشَابٌّ نَشَأَ فِي عِبَادَةِ رَبِّهِ وَرَجُلٌ قَلْبُهُ مُعَلَّقٌ فِي الْمَسَاجِدِ وَرَجُلَانِ تَحَابَّا فِي اللَّهِ اجْتَمَعَا عَلَيْهِ وَتَفَرَّقَا عَلَيْهِ وَرَجُلٌ طَلَبَتْهُ امْرَأَةٌ ذَاتُ مَنْصِبٍ وَجَمَالٍ فَقَالَ إِنِّي أَخَافُ اللَّهَ وَرَجُلٌ تَصَدَّقَ أَخْفَى حَتَّى لَا تَعْلَمَ شِمَالُهُ مَا تُنْفِقُ يَمِينُهُ وَرَجُلٌ ذَكَرَ اللَّهَ خَالِيًا فَفَاضَتْ عَيْنَاهُ
Apa Yang dimaksud dengan masjid
Kita tahu bahwa tempat ibadah yang dimiliki umat islam Indonesia ada kalanya bernama masjid dan ada kalanya bernama musholla/surau/ langgar, pertanyaannya adalah : yang dimaksud dengan masjid yang mendapat keutamaan keutamaan dalam hadis hadis diatas yang mana ?
مرقاة المفاتيح شرح مشكاة المصابيح - (ج 3 / ص 154)
باب المساجد ومواضع الصلاة
تعميم بعد تخصيص أو عطف تفسير والمسجد لغة محل السجود وشرعا المحل الموقوف للصلاة فيه وقيل الأرض كلها لخبر جعلت لي الأرض مسجدا ورد بأن المراد بالمسجد فيه ما تجوز فيه الصلاة
Dari definisi yang disampaikan oleh Ali bin Muhammad harowy diatas diteragkan bahwa : masjid secara bahasa berarti tempat sujud dan menurut arti Syar’I masji d adalah tempat yang diwakafkan untuk melaksanakan sholat , berarti baik masjid maupun musholla yang berada dinegara kita bila telah diwakafkan untuk pelaksanaan sholat menjadi masjid sebagaimana keterangan keterangan diatas.
Dalam pengistilahan di daerah kita memang sedikit berbeda dengan istilah istilah yang biasa dipakai dalam literature kuno, kita biasa menyebut tempat yang dipakai untukpelaksanaan sholat jumat adalah masjid dan yang tidak dipakai untuk sholat jum’at kita sebut musholla, sedangkan dalam istilah mereka kata musholla berlaku untuk tempat tempat yang dipakai untuk melaksakan sholat Idul Fitri atu Idul Adha, dan masjid yang digunakan untuk pelaksanaan sholat jum’at disebut dengan masjid Jami’ keterangan lengkap tentang masjid juga terdapat di sini
عمدة القاري شرح صحيح البخاري - (ج 5 / ص 259)
آخر وزاد فيه ولو كمفحص قطاة[1] وفي حديث جابر كمفحص قطاة أو أصغر وللعلماء في توجيه هذا قولان فقال أكثرهم هذا محمول على المبالغة لأن المكان الذي تفحص القطاة عنه لتضع فيه بيضها وترقد عليه لا يكفي مقدار للصلاة فيه ويؤيده حديث جابر الذي ذكرناه وقال آخرون هو على ظاهره فالمعنى على هذا أن يزيد في مسجد قدرا يحتاج إليه تكون تلك الزيادة على هذا القدر أو يشترك جماعة في بناء مسجد فتقع حصة كل واحد منهم ذلك القدر قيل هذا كله بناء على أن المراد من المسجد ما يتبادر إليه الذهن وهو المكان الذي يتخذ للصلاة فيه فإن كان المراد بالمسجد موضع السجود وهو ما يسع الجهة فلا يحتاج إلى شيء مما ذكر ( قلت ) قوله من بنى يقتضي وجود بناء على الحقيقة فيحمل على المسجد المعهود بين الناس ويؤيد ذلك حديث أم حبيبة من بني لله بيتا وقد ذكرناه عن قريب وحديث عمر رضي الله تعالى عنه أيضا من بنى لله مسجدا يذكر فيه اسم الله وكل ذلك يدل على أن المراد بالمسجد هو المكان المتخذ لا موضع السجود فقط وهو الذي ذهب إليه الفرقة الأولى ولكن لا يمنع إرادة موضع السجود مجازا فيدخل فيه المواضع المحوطة إلى جهة القبلة وفيها هيئة المحراب في طرقات المسافرين والحال أنها ليست كالمساجد المبنية بالجدران والسقوف وربما يجعل منها موضع في غاية الصغر يدل عليه حديث أبي قرصافة الذي ذكرناه
KESIMPULAN
Semua tempat ibadah umat islam bila telah diwakafkan maka bisa dinamakan masjid dan memiliki hukum masjid dalam hal boleh untuk i'tikaf, dilarang menetap bagi yang hadas besar dll. baik bangunannya besar maupun kecil, baik untuk sholat Jum'at maupun tidak, baik diberi nama musholla atau langgar atau surau atau masjid, sedangkan tempat ibadah umat islam yang tidak diwakafkan maka tidak memiliki hukum masjid sebagai maa eterangan diatas walu bangunannya besar dan walu diberi nama masjid dan walau dipakai jum'atan.
Semua tempat ibadah umat islam bila telah diwakafkan maka bisa dinamakan masjid dan memiliki hukum masjid dalam hal boleh untuk i'tikaf, dilarang menetap bagi yang hadas besar dll. baik bangunannya besar maupun kecil, baik untuk sholat Jum'at maupun tidak, baik diberi nama musholla atau langgar atau surau atau masjid, sedangkan tempat ibadah umat islam yang tidak diwakafkan maka tidak memiliki hukum masjid sebagai maa eterangan diatas walu bangunannya besar dan walu diberi nama masjid dan walau dipakai jum'atan.
[1] Sarang burung
Tidak ada komentar:
Posting Komentar