Rabu, 26 Oktober 2011

Hukum buka bersama

Pelaksanaan buka bersama maarak sekali di negeri kita, entah dinegara lain apa juga ada hal semacam tersebut, buka bersama bias dijadikan momen untuk silaturrahmi, baik murni kekeluargaan, persahabatan, maupun telah berbau kepentingan individu atau golongan tertentu, seperti jumpa pendukung politik, sosialisasi program lembaga tertentu , sedekahan atau kenduri yang biasanya malam hari juga dibuat menjadi acara buka bersama bahkan sebagai acara khusus tayangan sebuah televisi.

Dalam berbagai literature saya belum menemukan apakah acara buka bersama juga terjadi pada masa rosululloh ? dan seandainya terjadi apa semeriah dan beraneka ragam seperti yang kita jumpai saat ini ?
Yang  jelas diriwayatkan oleh zaid bin kholid al juhaini hadits nabi sebagai berikut :
حَدَّثَنَا هَنَّادٌ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحِيمِ عَنْ عَبْدِ الْمَلِكِ بْنِ أَبِي سُلَيْمَانَ عَنْ عَطَاءٍ عَنْ زَيْدِ بْنِ خَالِدٍ الْجُهَنِيِّ قَالَ
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لَا يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئًا
قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ
Artinya : Rosululloh SAW bersabda : “ barang siapa memberi makanan orang yang berpuasa (untuk berbuka) maka akan mendapat pahala yang sama dengan orang yang berpuasa tersebut tanpa mengurangi sedikitpun pahala yang diterima oleh yang berpuasa.
Dalam riwayat lain dalam sebuah khutbah yang disampaiakan nabi deterangkan sebagai berikut شعب الإيمان للبيهقي - (ج 8 / ص 120)
 أخبرنا أبو عبد الله الحافظ ، أخبرنا أبو بكر إسماعيل بن محمد الضرير بالري ، حدثنا محمد بن الفرج الأزرق ، حدثنا عبد الله بن بكر السهمي ، حدثنا إياس بن عبد الغفار ، عن علي بن زيد بن جدعان ح وأخبرنا أبو نصر بن قتادة ، حدثنا أبو عمرو إسماعيل بن نجيد ، حدثنا جعفر بن محمد بن سوار ، أخبرني علي بن حجر ح وحدثنا أبو سعد عبد الملك بن أبي عثمان الزاهد ، أخبرنا أبو عمرو محمد بن جعفر بن مطر ، أخبرنا جعفر بن أحمد بن نصر الحافظ ، حدثنا علي بن حجر ح وأخبرنا أبو زكريا بن أبي إسحاق المزكي ، حدثنا والدي ، قال : قرئ على محمد بن إسحاق بن خزيمة ، أن علي بن حجر السعدي حدثهم ، حدثنا يوسف بن زياد ، عن همام بن يحيى ، عن علي بن زيد بن جدعان ، عن سعيد بن المسيب ، عن سلمان الفارسي ، قال : خطبنا رسول الله صلى الله عليه وسلم في آخر يوم من شعبان فقال : « يا أيها الناس قد أظلكم شهر عظيم ، شهر مبارك ، شهر فيه ليلة خير من ألف شهر ، جعل الله صيامه فريضة ، وقيام ليله تطوعا ، من تقرب فيه بخصلة من الخير كان كمن أدى فريضة فيما سواه ، ومن أدى فريضة فيه كان كمن أدى سبعين فريضة فيما سواه ، وهو شهر الصبر ، والصبر ثوابه الجنة ، وشهر المواساة ، وشهر يزاد في رزق المؤمن ، من فطر فيه صائما كان له مغفرة لذنوبه ، وعتق رقبته من النار ، وكان له مثل أجره من غير أن ينقص من أجره شيء » قلنا : يا رسول الله ، ليس كلنا يجد ما يفطر الصائم ، فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم : « يعطي الله هذا الثواب من فطر صائما على مذقة لبن أو تمرة أو شربة من ماء ، ومن أشبع صائما سقاه الله من حوضي شربة لا يظمأ حتى يدخل الجنة ، وهو شهر أوله رحمة ، وأوسطه مغفرة ، وآخره عتق من النار من خفف عن مملوكه فيه غفر الله له وأعتقه من النار » زاد همام في روايته : « فاستكثروا فيه من أربع خصال ، خصلتان ترضون بها ربكم ، وخصلتان لا غنى لكم عنهما ، فأما الخصلتان اللتان ترضون بها ربكم : فشهادة أن لا إله إلا الله وتستغفرونه ، وأما اللتان لا غنى لكم عنهما فتسألون الله الجنة ، وتعوذون به من النار » لفظ حديث همام وهو أتم
barang siapa memberi makanan orang yang berpuasa (untuk berbuka) maka akan mendapatkan ampunan dari dosa dosanya dan diselamatkan dari neraka.
Dalam riwayat tersebut diterangkan para  shohabat bertanya ingin kejelasan seperti apa maksud memberi makanan tersebut :
قُلْنَا يَا رَسُولَ اللَّهِ لَيْسَ كُلُّنَا نَجِدُ مَا نُفَطِّرُ بِهِ الصَّائِمَ ، فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : " يُعْطِي اللَّهُ هَذَا الثَّوَابَ مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا عَلَى مَذْقَةِ لَبَنٍ أَوْ تَمْرَةٍ أَوْ شَرْبَةٍ مِنْ مَاءٍ ، وَمَنْ أَشْبَعَ صَائِمًا سَقَاهُ اللَّهُ مِنْ حَوْضِي شَرْبَةً لَا يَظْمَأُ حَتَّى يَدْخُلَ الْجَنَّةَ " الْحَدِيثَ رَوَاهُ الْبَيْهَقِيُّ
Para shohabat bertanya : “Ya Rosulalloh tidak semuanya dari kita memiliki makanan yang diperuntukkan untuk berbuka” Rosululloh menjawab : “ pahala tersebut diberikan kepada orang yang memberi buka kepada orang yang berpuasa berupa seteguk susu atau sebuah kurma atau seteguk air putih sedangkan barang siapa yang mengenyangkan orang yang berpuasa maka alloh memberi minuman dari telagaku (kautsar) yang tidak akan haus hingga masuk surga “ 
Ternyata bukan itu saja hal yang bias dimanfaatkan oleh penyelenggara buka bersama, dan ini sangat strategis bagi yang memiliki muatan kepentingan yaitu bahwa doanya orang yang berbuka puasa mustajab sebgaimana hadits nabi :
رواه ابن ماجه والحاكم، والبيهقي في الكبرى من طريق ابن أبي مُليكة، عن عبداللّه بن عَمرو قال: قال رسول الله - صلى الله عليه وسلم -: "إن للصائم عند فطره لدعوة ما ترد.
Orang yang berpuasa saat berbuka memiliki kesempatan do’a yang tidak akan ditolak
Dalam riwayat lain :
عن عبداللّه بن عمرو- رضي اللّه عنهما- سمعت رسول الله - صلى الله عليه وسلم - يقول: "للصائم عند إفطاره دعوة مستجابة. فكان عبداللّه بن عَمرو إذا أفطر دعا أهله وولده ودَعَا".رواه أبوداود الطيالسي.
Orang yang berpuasa saat berbuka memiliki do’a yang dikabulkan, dan shohabat abdulloh bin amer saat berbuka senantiasa mendoakan anak dan istrinya.
Dengan demikian tidak ada keraguan bagi kita apa sebenarnya hokum buka bersama oleh Karena itu mari kita sering sering mengadakan buka bersama baik saat kita ada hajatan atau kepentingan politik, kepentingan kantor atau semata mata mencari ridho Alloh.
Akan tetapi kita harus senantiasa menjaga agar praktek kemaksiatan yang mungkin terjadi tidak muncul pada acara kita, mengenai apa hokum kita menghadiri acara buka bersama insyaalloh akan kita ulas dalam bab walimah dalam tulisan yang akan datang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

AYAT AYAT YANG TURUN BERSAMAAN DENGAN PENDAPAT SHAHABAT UMAR BIN KHOTTOB

Bisa dibilang  ayat  ayat ini merupakan salah satu dari keutamaan shohabat Umar bin Khottob, dimana sebelum ayat ayat tersebut diturunk...