Dalam postingan terdahulu telah saya kemukakan tentang awal mula pelaksanaan sholat jumat, dan mari kita buka buka literatur tentang penyelenggaraannya.
Dalam pelaksanaan sholat jum’at sebenarnya ada dua sisi yang mungkin terkadang kita kurang memperhatikannya, yaitu :
Dalam pelaksanaan sholat jum’at sebenarnya ada dua sisi yang mungkin terkadang kita kurang memperhatikannya, yaitu :
- 1. Kewajiban umat islam untuk melaksanakan
- 2. Kebolehan umat Islam menyelenggarakan.
Biasanya akanmuncul beberapa pertanyaann sebagai berikut :
1. Berapa jumlah minimal melaksanakan sholat jum’at
2. Siapa sajakah yang boleh menyelenggarakan shoal jum’at.
Ternyata dalam penyelenggaraan sholat jum’at terdapat berbagai syarat dan aturan yang merupakan hasil ijtihad para ulama yang dilandaskan pada pelaksanaan sholat jum’at yang diselenggarakan pada masa nabi, diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Dilaksanakan pada waktu sholat dzuhur
2. Diselenggarakan di tengah perkampungan, maksudnya yang menjadi penyelenggara adalah mereka yang merupakan kaum pribumi (penduduk tetap) di sekitar perkampungan mereka, tidak seperti halnya kaum yang hidup berpindah pindah yang tidak menetap disuatu tempat, atau menetap disuatu tempat namun hanya dalam kurun waktu tertentu, contoh yang tidak sesuai dengan aturan tersebut adalah :
a. Sekelompok orang yang sedang kemah;
b. Sekelompok orang yang sedang melancong
c. Sekelompo orang yang sedang menginap di hotel atau penginapan
d. Santri maupun pelajar menyelenggarakan sholat jum’at di linkungan sekolahannya, dan lain lain yang semisal.
Empat kelompok dan yang semisal tersebut tidak dibenarkan menyelenggarakan sholat jum’at walaupun mereka tetap wajib melaksanakan sholat jum’at dengan cara mengikuti sholat jum’at yang diselengarakan oleh penduduk setempat, tidak menyelenggarakan sendiri.
3. Dalam satu tempat cukup diselenggarakan satu jum’atan saja, bila terdapat lebih dari satu maka yang dianggap adalah yang mulai takbirotul ihram lebih dulu, dari situ diharapkan tidak gampang gampang menyelenggarakan sholat jum’at dalam satu lingkungan karena maksud dan tujuan pelaksanaan sholat jum’at adalah untuk memperlihatkan syiar persatuan umat islam
4. Dilaksanakan secara berjamaah
5. Diselengarakan oleh minimal 40 orang penduduk setempat, orang yang numpang sholat, pramuka yang sedang berkemah yang ikut sholat tidak dihitung dalam hitungan 40 tersebut.
6. Didahului dengan 2 khutbah, untuk lebih jelasnya ini nuqilan dari kitab kuning
أحدها: (أن تقع وقت ظهر) للاتباع
(و) ثانيها: أن تقع (بأبنية مجتمعة) ولو بفضاء لانها لم تقم في عصر النبي (صلى الله عليه و سلم) والخلفاء الراشدين إلا في موضع الاقامة كما هو معلوم، وسواء أكانت الابنية من حجر أو طين أو خشب أو غيرها أم غيرها فلو انهدمت فأقام أهلها على العمارة لزمتهم الجمعة فيها لانها وطنهم (فلا تصح من أهل خيام) بمحلهم لانهم على هيئة المستوفزين
(و) ثالثها: (أن لا يسبقها بتحرم ولا يقارنها فيه جمعة بمحلها) لامتناع تعددها بمحلها إذ لم تقم في عصر النبي (صلى الله عليه وسلم) والخلفاء الراشدين إلا في موضع واحد من محلها، ولان الاقتصار على واحدة أفضى إلى المقصود من إظهار شعار الاجتماع واتفاق الكلمة.
(و) رابعها: (أن تقع جماعة) في الركعة الاولى لانه لم تقع في عصر النبي (صلى الله عليه وسلم والخلفاء الراشدين إلا كذلك ويشترط تقدم إحرام من تنعقد بهم لتصح لغيرهم، لانه تبع ولا ينافيه صحتها له إذا كان إماما فيها مع تقدم إحرامه لان تقدم إحرام الامام ضروري فاغتفر فيه ما لا يغتفر في غيره.
(و) خامسها: أن تقع (بأربعين) ولو مرضى أو منهم الامام (مكلفاف حرا ذكرا) اتباعا للسلف والخلف (متوطنا بمحلها أي لا يظعن عنه شتاء ولا صيفا إلا لحاجة لانه (صلى الله عليه وسلم) لم يجمع بحجة الوداع مع عزمه على الاقامة أياما لعدم التوطن.
وكان يوم عرفة فيها يوم جمعة كما في الصحيحين وصلى به الظهر والعصر تقديما كما في خبر مسلم (ولو نقصوا فيها بطلت)
(و) سادسها: (أن يتقدمها خطبتان)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar